Selasa, 11 Oktober 2011

AS Sebut Iran Rencanakan Pembunuhan Dubes Arab Saudi

Washington - Otoritas Amerika Serikat (AS) telah menggagalkan plot pembunuhan Dubes Arab Saudi untuk AS oleh dua ekstremis yang terkait langsung dengan pemerintah Iran. Dua warga Iran telah didakwa atas plot pembunuhan itu dengan melakukan pengeboman sebuah restoran populer di Washington DC itu.

Kedua warga Iran itu didakwa melakukan konspirasi untuk membunuh pejabat asing dan konspirasi untuk menggunakan senjata pemusnah massal. Plot ini berhasil digagalkan setelah satu dari kedua pria Iran itu ditangkap dalam sebuah operasi penyamaran agen-agen AS.

Atas plot pembunuhan Dubes Adel Al-Jubeir ini, pemerintah AS bertekad akan meminta pertanggungjawaban pemerintah Iran.


"Diduga bahwa konspirasi ini dihasilkan, disponsori dan diarahkan dari Iran dan merupakan pelanggaran besar hukum AS dan internasional," kata Jaksa Agung AS Eric Holder.

"Selain meminta pertanggungjawaban orang-orang ini atas dugaan peran mereka dalam plot ini, AS juga berkomitmen akan meminta pertanggungjawaban Iran atas tindakannya," imbuh Holder seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (12/10/2011).

Kedua warga Iran yang didakwa itu adalah Manssor Arbabsiar (56), warga naturalisasi AS yang memegang paspor Iran dan AS serta Gholam Shakuri, anggota Pasukan Quds Iran, unit dari Korps Garda Revolusioner Islam Iran.'

Shakuri masih dalam pengejaran sementara Arbabsiar ditangkap pada 29 September lalu di Bandara Internasional John F. Kennedy, New York, AS.

Plot yang oleh pejabat-pejabat AS dijuluki sebagai skenario "Hollywood" ini digagalkan oleh agen badan antinarkoba AS alias Drug Enforcement Agency (DEA) yang menyamar sebagai anggota kartel di Meksiko.

Arbabsiar dan Shakuri yakin bahwa kartel tersebut akan menyediakan bahan peledak untuk melancarkan serangan pembunuhan terhadap sang Dubes Saudi. Departemen Kehakiman AS menyatakan, Arbabsiar telah mengakui adanya plot pembunuhan Dubes Saudi tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar